Pelatihan Teknis Pengamanan Tingkat Dasar Angkatan I

Print

Manado, 18 Maret 2020 - Memasuki hari ke-6 Pelatihan Teknis Pengamanan Tingkat Dasar Angkatan I, sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari 10 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara yang berada di wilayah kerja Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara mengikuti latihan menembak (teori dan praktek) yang bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polisi Daerah Sulawesi Utara.
 
Kegiatan dimulai dengan penyampaian arahan oleh Kepala SPN Joko Surachmanto, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi Latihan Dasar Persiapan Menembak (LDPM) oleh instruktur menembak S. budi Mantoyo dan B. Siswanto. Dalam penyampaian materi tersebut diharapkan peserta mengetahui dasar-dasar yang harus dilakukan sebelum melakukan praktek menembak, seperti senjata yang digunakan, cara bongkar pasang senjata, cara memasang peluru, dan cara melakukan bidikan.
 
Setelah Istirahat kegiatan dilanjutkan dengan praktek menembak yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Jiwatrisna Sahwakita SPN Polda Sulawesi Utara. Masing-masing peserta mencoba melakukan tembakan dengan senjata yang sudah di siapkan oleh Tim Instruktur,
Untuk dapat menghasilkan tembakan yang akurat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu Kondisi senjata yang digunakan, Amunisi/peluru yang digunakan, Kondisi lingkungan dan, Kondisi penembak.
 
Kegiatan ini bertujuan agar Peserta mengenal dan mengetahui cara menggunakan dan membongkar pasang kembali senjata, serta mampu menggunakan senjata untuk menjaga dan mengamankan situasi dan kondisi bila tiba-tiba terjadi kerusuhan antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Unit kerja masing-masing.